1.07.2009

PRAMUKA GARUDA

Pramuka Garuda adalah seorang Pramuka yang dapat menjadi teladan dan telah memenuhi persyaratan serta memiliki Tanda Pramuka Garuda. Mereka merupakan contoh bagi Pramuka lainnya sehingga harus selalu mengamalkan Satya dan Darma Pramuka, berusaha terus meningkatkan kecakapan dan keterampilan, sikap, dan tindakannya.

Namun yang menjadi fenomena saat adalah sangat minimya anggota Pramuka yang berhasil mencapai predikat sebagai seorang Pramuka Garuda. Hal ini disebabkan karena tidak terpenuhinya kriteria seorang Pramuka Garuda, ataupun juga banyak anggota Pramuka yang belum mengetahui syarat untuk menjadi seorang Pramuka Garuda.


Syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Siaga

  1. Menjadi contoh yang baik dalam Perindukan Siaga, di rumah, di sekolah, di lingkungan pergaulan sesuai dengan isi Dwisatya dan Dwidarma.
  2. Telah menyelesaikan SKU tingkat Siaga Tata.
  3. Telah memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Siaga sedikitnya enam macam dari tiga bidang Tanda Kecakapan Khusus.
  4. Dapat menunjukkan hasta karya buatannya sendiri sedikitnya sembilan macam dengan menggunakan tiga macam bahan.
  5. Pernah mengikuti Pesta Siaga minimal dua kali.
  6. Dapat membuktikan dirinya sebagai menambung yang rajin dan teratur.
  7. Dapat mempertunjukkan kecakapannya di depan umum dalam salah satu biang seni budaya.

Syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Penggalang

  1. Menjadi contoh yang baik dalam Pramuka Penggalang, di rumah, di sekolah, di lingkungan pergaulannya sesuai dengan isi Trisatya dan Dasa Darma.
  2. Telah menyelesaikan SKU tingkat Penggalang Terap.
  3. Memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Penggalang minimal sepuluh macam.
  4. Dapat menunjukkan harta karya buatannya sendiri nimimal sepuluh dengan menggunakan minimal lima macam bahan.
  5. Pernah mengikuti Jambore, Perkemahan Bakti, dan Lomba Tingkat.
  6. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur.
  7. Dapat mempertunjukkan kecakapan di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya.
  8. Dapat menjalankan salah satu cabang olah raga.
  9. Telah mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat.

Syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Penegak

  1. Menjadi contoh yang baik dalam Gugus Depan, di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau bermasyarakat sesuai dengan isi Trisatya dan Dasa Darma.
  2. Memahami UUD 1945.
  3. Telah menyelesaikan SKU tingkat Penegak Laksana.
  4. Memiliki Tanda Kecakapan Khusus untuk Pramuka Penegak minimal sepuluh macam.
  5. Minimal sudah tiga kali mengikuti pertemuan Pramuka untuk golongan Penegak.
  6. Tergabung dalam Satuan Karya dan dapat menyelenggarakan suatu proyek produktif yang bersifat perseorangan atau bersama sesuai dengan Satuan Karya yang diikutinya.
  7. Dapat membuktikan dirinya sebagai penabung yang rajin dan teratur.
  8. Dapat mempertunjukkan kecakapan di depan umum dalam salah satu bidang seni budaya atau membantu menyelenggarakan pertunjukkan kesenian.
  9. Dapat menjalankan dan memimpin salah satu cabang olah raga.
  10. Pernah ikut serta dalam kegiatan memikirkan, merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembangunan masyarakat di lingkungannya.

Syarat Pramuka Garuda untuk Pramuka Pendega

  1. Menjadi contoh yang baik dalam Gerakan Pramuka, di rumah, di sekolah/perguruan, di tempat kerja atau bermasyarakat sesuai dengan isi Trisatya dan Dasa Darma.
  2. Memahami UUD 1945 dan GBHN.
  3. Telah menyelesaikan SKU tingkat Pramuka Pandega.
  4. Minimal telah tiga kali mengikuti acara yang dipilihnya yaitu Pertemuan Pramuka untuk golongan Penegak dan Pandega atau Perkemahan Wirakarya, atau Perkemahan Antar Satuan Karya atau integrasi masyarakat, atau peninjauan proyek-proyek kegaiatan atau kunjungan timbal balik di antara Pramuka Pandega.
  5. Minimal tiga kali ikut membuat perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pengawasan, penilaian, dan penyelesaian salah satu gabungan dari kegaiatan sebagai berikut: Pesta Siaga, Perkemahan Penggalang, Raimuna, Perkemahan Wirakarya, Musppanitera, Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega.
  6. Minimal tiga kali ikut membantu salah satu kegiatan masyarakat, peringatan, perayaan, proyek pembangunan dalan lain-lain.

Diharapkan dengan mengetahui syarat untuk menjadi seorang Pramuka Garuda, kedepannya akan muncul Pramuka Garuda yang dapat menjadi panutan dan dapat membangun bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment