5.26.2010

Lomba Karya Ilmiah Remaja ke-42

Kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan AJB Bumiputera 1912.

Kompetisi ilmiah bagi remaja usia 12-19 tahun yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan inovasi remaja melalui kegiatan penelitian. Lomba ini terbagi menjadi tiga bidang: Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan dan Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.


Berbeda dengan pelaksanaan LKIR tahun-tahun sebelumnya, proses pelaksanaan LKIR dimulai dari penilaian proposal penelitian dan BUKAN makalah hasil penelitian. Karena mulai LKIR ke 41, para finalis sekaligus menjadi kandidat untuk mewakili Indonesia dalam ajang internasional

Setiap peserta harus mengikuti semua persyaratan yang tercantum pada informasi di bawah ini SEBELUM membuat karya tulis ilmiah. Rangkaian pelaksanaan lomba berupa:

  1. Peserta mengirimkan proposal penelitian kepada panitia lomba secara online memakai template yang disediakan di halaman BERKAS DIJITAL.
  2. Proposal yang lolos seleksi akan dilakukan pembimbingan minimal 3 (tiga) bulan oleh pembimbing (yang ditentukan LIPI) melalui komunikasi jarak jauh seperti via surat elektronik dan lain-lain.
  3. Hasil akhir penelitian berupa karya tulis ilmiah akan diseleksi kembali untuk diundang mengikuti presentasi sebagai Finalis di Jakarta.
  4. Finalis melakukan presentasi hasil penelitian mereka dihadapan Dewan Juri berupa paparan oral dan Poster hasil penelitian.
  5. Pemenang akan diumumkan pada malam penganugerahan.

Tanggal Penting :
1. Penerimaan proposal penelitian (online melalui situs ini) : 15 Juli 2010 (paling lambat)
2. Pengumuman proposal yang dibimbing :1 Agustus 2010
3. Proses pembimbingan penelitian: Agustus- Oktober
4. Penerimaan hasil akhir penelitian (makalah lengkap) : 30 Oktober 2010
5. Pengumuman Finalis: 7 November 2010
6. Registrasi Finalis LKIR : 21 November 2010
7. Presentasi : 22 November 2010
8. Audiensi dan Field Trip : 23 November 2010
9. Malam Penganugerahan : 23 November 2010

No comments:

Post a Comment