5.24.2009

FORMAT PENULISAN LKG 2009

1. Bagian awal
1) Halaman judul
a)Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf kapital.
b)Nama penulis.
c)Kedudukan guru yang menyatakan keberadaan guru pada satuan pendidikan SD/SMP/SMA dan mata pelajaran yang menjadi bidang tugasnya.
d)Tanggal penulisan.

2) Halaman pengesahan/persetujuan kepala sekolah
Lembaran tersebut menyatakan pengesahan atau persetujuan kepala sekolah dengan bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada) dan stempel sekolah yang bersangkutan.
3) Kata Pengantar
4) Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada
5) Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris antara 200–300 kata


2. Bagian inti pembahasan
1) Pendahuluan
Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut :
a) Latar belakang
oMenggambarkan bahwa topik atau fokus permasalahan menarik dan relevan dengan upaya peningkatan mutu pembelajaran
oMenunjukkan bahwa topik atau fokus permasalahan tersebut bersifat spesifik, asli, dan belum pernah disajikan secara tertulis sebagai karya lomba keberhasilan pembelajaran. 3
b) Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian, kajian, atau evaluasi yang menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.
c) Tujuan dan manfaat penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan. Rumuskan secara rinci tujuan dan manfaat kegiatan penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan.
d) Definisi konsep, definisi operasional, dan/atau kajian teoritis yang relevan.
2) Metodologi penelitian atau prosedur pembelajaran.
a)Metode penelitian atau prosedur pembelajaran. Jelaskan secara rinci prosedur penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi pembelajaran/bimbingan yang dilakukan.
b)Subjek penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan secara rinci pada kelas berapa kegiatan pembelajaran/bimbingan dilakukan, berapa banyak dan bagaimana karakteristik siswanya.
c)Teknik pengumpulan data. Jelaskan teknik pengumpulan data, seperti dengan tes, observasi, data sekunder, dan sebagainya.
d)Validasi instrumen penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan bagaimana instrumen itu divalidasi, seperti uji validitas, validasi sejawat, atau menggunakan instrumen yang terstandar.
e)Teknik analisis data. Jelaskan teknik analisis data, baik kuantitatif maupun kualitatif.
3)Laporan hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran
a)Hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran.
b)Analisis hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran.
4) Kesimpulan dan saran-saran
a)Kesimpulan utama yang dapat diambil dari kegiatan pembelajaran.
b)Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola pendidikan atau berbagai pihak lain yang relevan. 4

3. Bagian Akhir
1)Daftar pustaka
2)Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan kegiatan, misalnya: data hasil belajar, instrumen pengukuran yang digunakan program pembelajaran dan lain-lain.
3)Setiap naskah lomba supaya dilampiri biodata peserta yang disahkan oleh kepala sekolah (contoh terlampir).

No comments:

Post a Comment